Ziarah Makam Ulama dan Orangtua Usai Resmi Dilantik, Jadi Bentuk Takdzim Haji Hendy – Gus Firjaun

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Jember – Masih ingat momen pendaftaran pasangan bupati dan wakil bupati Jember Haji Hendy-Gus Firjaun ke KPU pada 4 September 2020 lalu? Diantar oleh ribuan pendukung dan relawan dari Masjid Roudhotul Muchlisin usai menjalankan ibadah sholat jumat, pasangan Haji Hendy-Gus Firjaun tak langsung ke Kantor KPU.

Dengan berjalan kaki, rombongan menuju ke Makam KH. Muh Shiddiq untuk melakukan ziarah dan mengirim doa. Sebelumnya, selepas subuh Haji Hendy melaksanakan ziarah ke makam orangtua bersama keluarga besar di TPU Cukil Gebang. Pun sama yang dilakukan Gus Firjaun dan keluarga.

Tradisi keluarga ini merupakan bentuk takdzim yang ditunjukkan Haji Hendy-Gus Firjaun kepada para almarhum orangtua dan ulama yang menjadi teladan dalam kehidupan mereka. Entah kebetulan atau memang takdir. Momen-momen penting dalam perjalanan perjuangan politik Haji Hendy-Gus Firjaun selalu jatuh pada hari Jumat, yang menurut ajaran Islam merupakan hari baik dan berkah.

Hal sama dilakukan oleh keduanya, usai dilantik oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah sebagai Bupati dan Wakil Bupati Jember di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Jumat kemarin (26/2/2021). Malamnya, setiba di Jember Haji Hendy-Gus Firjaun tak langsung menuju Pendopo Wahyawibawa Graha untuk mengikuti acara penyambutan, melainkan berziarah terlebih dahulu di Makam KH. Muh. Shiddiq lalu melanjutkan ziarah ke makam orangtua Haji Hendy di TPU Cukil Gebang.
“Kegiatan ziarah ke makam ulama dan orangtua adalah cara keluarga kami menghormati para leluhur dan pendahulu dengan mengirim doa agar senantiasa perjalanan dunia akhirat almarhum dan almarhumah diterangi oleh ampunan Allah SWT,” ungkap Haji Hendy kepada awak media.

Sementara Gus Firjaun menyampaikan, KH. Muh. Shiddiq merupakan ulama besar yang turut menegakkan tonggak ke-Islaman dan dunia pesantren di Kabupaten Jember.

“Almarhum merupakan guru, panutan dan ulama kita semua. Semoga almarhum mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT,” kata Gus Firjaun menambahkan.

Pasangan Haji Hendy-Gus Firjaun sejak mula memang dinilai sebagai duet ideal yang akan mengolaborasikan nilai-nilai agamis dan budaya untuk kepentingan pembangunan. Karena itu memang tergambar dari cara keduanya menghargai dan menghormati tradisi baik yang bersifat budaya maupun agama.

(Biro Media HSC)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *