Haji Hendy-Gus Firjaun: Trilogi Persaudaraan Kunci Jaga Kerukunan dan Keharmonisan Masyarakat

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Jember – Pasangan calon bupati dan wakil bupati Jember nomor urut dua (2) Hendy Siswanto dan Muhammad Balya Firjaun Barlaman (Gus Firjaun) akan mensosialisasikan trilogi persaudaraan secara masif untuk membangun kerukunan dan keharmonisan masyarakat Kab. Jember.

Hal itu diutarakan dalam debat antar cabup dan cawabup di JTV, Selasa (1/12) malam. Gus Firjaun menjelaskan trilogi persaudaraan yang dimaksud, yakni persaudaraan sesama agama, persaudaraan sesama bangsa, dan persaudaraan sesama manusia.

“Jadi langkah yang akan kita lakukan adalah menerapkan dan mensosialisasikan trilogi persaudaraan. Yang pertama adalah persaudaraan sesama agama. Siapapun kalau agamanya sama dengan kita itu adalah saudara. Walaupun berasal dari daerah lain atau bangsa lain,” ujar Gus Firjaun.

Kemudian yang kedua adalah persaudaraan sesama bangsa, sesama daerah. Siapapun itu walau berbeda agama tapi dia tunggal daerah atau sesama bangsa, dia itu adalah saudara.

“Yang ketiga adalah persaudaraan sesama manusia. Baik itu berbeda agama atau berbeda daerah asal dia itu masih manusia maka dia itu adalah saudara. Maka sudut pandang kepada orang lain dengan berbagai macam etnis, suku, ras, dan sebagainya jika dipandang sebagai saudara, maka ini akan mengeliminir adanya konflik,” sambung Gus Firjaun.

Harapannya dengan sosialisasi dan penerapan trilogi persaudaraan tersebut, akan tercipta kerukunan dan keharmonisan di masyarakat Kab. Jember. Dengan demikian proses pembangunan dan peningkatan perekonomian akan berjalan dengan baik sehingga Kab. Jember semakin maju dan sejahtera.

“Karena itu, trilogi persaudaraan ini harus dikembangkan di masyarakat agar bisa memahami bahwa mereka adalah saudara. Sehingga yang mayoritas tidak kemudian merasa memiliki power, dan yang minoritas tidak merasa takut menyampaikan aspirasinya. Sehingga akan terjalin keharmonisan dan kerukunan di masyarakat,” pungkas Gus Firjaun.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *