Keliling Kec. Mumbulsari, Haji Hendy Dicurhati Soal Pendidikan dan Lapangan Kerja

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Jember – Calon bupati Jember nomor urut dua (2) Hendy Siswanto berkeliling ke Kec. Mumbulsari, Kamis (15/10). Pada kunjungan kali ini ia dicurhati warga soal pendidikan dan lapangan kerja.

Haji Hendy mendapati banyak pemuda yang tidak bisa melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi akibat biaya yang mahal. Selain itu, lapangan kerja yang tersedia juga sangat minim sehingga menimbulkan banyak pengangguran.

“Mayoritas penduduk Jember itu lulusan SMP/SMA. Hanya sebagian kecil yang bisa meneruskan hingga perguruan tinggi. Karena butuh biaya besar agar anak-anak kita bisa kuliah. Ke depan pemerintah wajib meringankan beban itu. Salah satunya dengan memberi beasiswa,” ujarnya.

Pasangan Haji Hendy-Gus Firjaun berkomitmen memberikan beasiswa sebanyak 25 ribu orang. Tidak hanya itu, untuk para lulusan terbaik akan ditarik oleh pemerintah untuk bersama-sama mengabdikan diri membenahi Jember.

“Selama ini pemerintah hanya memberi beasiswa tanpa memikirkan bagaimana setelah lulus. Ke depan harus diperhatikan juga setelah lulus mereka mau ditempatkan di mana? Bekerja apa? Itu juga harus dipikirkan,” jelas Haji Hendy.

Menciptakan lapangan kerja yang baru menjadi persoalan yang mendesak dan harus segera dilaksanakan. Sejalan dengan itu, pemerintah juga harus membuat sebuah terobosan agar lulusan SMA/SMK dan perguruan tinggi bisa langsung bekerja.

“Kita harus menerapkan konsep link and match antara dunia pendidikan dengan dunia kerja. Sehingga lulusan dari SMA/SMK dan perguruan tinggi bisa terserap dunia kerja,” kata Haji Hendy.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *