Dari Ilmu Astronomi Hingga Kopi, Hendy Siswanto Apresiasi Ponpes Al Hasan Panti

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Jember – Bakal calon bupati Jember Hendy Siswanto mengapresiasi Pondok Pesantren Al Hasan Panti yang memiliki keunggulan di ilmu astronomi hingga mampu mengolah kopi berkualitas. Hal itu ia utarakan saat berkunjung ke Ponpes Al Hasan di Desa Kemiri, Kec. Panti, Sabtu (25/7).

Kunjungan kali ini selain dalam rangka silaturahim dengan KH. Abdul Haq Moedjammil Hasba selaku pengasuh Ponpes Al Hasan, juga melihat langsung bagaimana para santri dilatih mengolah kopi berkualitas.

“Sungguh luar biasa bagaimana santri Al Hasan dibekali dengan skill untuk mengolah kopi yang berkualitas. Tidak hanya itu, di sini juga mereka diajari mengenai ilmu astronomi yang sangat dikuasai oleh KH. Abdul Haq Moedjammil Hasba,” ujarnya.

“Tentunya hal ini menjadi nilai tambah bagi para santri. Sehingga selain memahami ilmu agama dengan baik, para santri juga memiliki skill atau kemampuan yang akan sangat berguna bagi kariernya di masa depan,” tambah Hendy Siswanto.

Ia menuturkan bahwa setiap pesantren di Kab. Jember memiliki karakter dan kekhasan masing-masing. Keunikan itulah yang harus diberdayakan sehingga bisa menjadi nilai tambah dan bermanfaat untuk santri dan masyarakat luas.

“Pesantren di Jember itu jumlahnya sangat banyak. Saya mendukung agar tiap pesantren bisa memberdayakan santrinya dan masyarakat sekitar. Setidaknya keberadaan pesantren bisa menjadi daya ungkit ekonomi kita, di samping sebagai sarana pendidikan sebagaimana mestinya,” tuturnya.

Hendy Siswanto menilai diperlukan sinergi dan kolaborasi antara pemerintah daerah dan pesantren. Komunikasi yang baik sangat diperlukan agar tiap pesantren bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

“Pesantren-pesantren ini butuh kehadiran pemerintah daerah. Jadi, ke depan pemda itu harus memperhatikan pesantren-pesantren. Bagaimana kondisi infrastrukturnya, sarana-prasarananya, dan bagaimana kondisi kiai serta santri-santrinya. Jika pemda hadir dan ikut bersinergi, insyaalloh Kab. Jember akan makmur di mana pesantren menjadi salah satu penggeraknya,” pungkasnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *