Jika Ekonomi Jember Naik, Kesejahteraan Buruh Akan Lebih Baik

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Jember – Bakal calon bupati Jember Hendy Siswanto melakukan pertemuan dengan perwakilan buruh yang tergabung di Serikat Buruh Muslim Indonesia (Sarbumusi) Kabupaten Jember, Selasa (9/7) malam.

Pada pertemuan itu para buruh menyampaikan permasalahan yang dihadapi selama ini. Di antaranya terkait upah yang belum layak dan tidak sepadan dengan beban kerja yang diberikan.

Apalagi ketika memasuki masa pandemi virus corona seperti sekarang ini. Banyak buruh atau pekerja yang di-PHK oleh perusahaan dan kini menjadi pengangguran.

Hendy Siswanto turut prihatin dengan kondisi para buruh saat ini. Ia menyebut saat ini dibutuhkan kebijakan strategis dari pemerintah daerah untuk melindungi para buruh di masa pandemi.

“Pemda wajib memberikan perlindungan tidak hanya kepada buruh saja, tapi ke seluruh warganya. Karena yang terdampak kaibat Covid-19 itu seluruh masyarakat Jember, di mana para buruh ada di dalamnya,” ujarnya.

Ia menilai bahwa kesejahteraan buruh adalah suatu keharusan. Namun, ada satu hal yang juga sangat penting yaitu meningkatkan perekonomian di Jember.

“Bagaimana buruh sejahtera jika perekonomian di Jember jalan di tempat dan tidak mengalami pertumbuhan? Maka harus digenjot lagi ekonomi kita. Sehingga berdampak pada kesejahteraan buruh,” jelasnya.

Untuk itu, dibutuhkan ide-ide kreatif agar perekonomian di Jember meningkat. Pemimpin daerah harus mencari langkah strategis untuk jangka pendek dan jangka panjang.

“Masyarakat menunggu kebijakan yang tepat sasaran. Kita butuh ide-ide kreatif dan langkah strategis untuk melalui masa pandemi ini. Kemudian langkah ke depan untuk jangka panjang juga wajib diperhatikan. Jika pemimpin menjalankan tugasnya dengan baik dan tahu apa yang harus dilakukan, insyaalloh Jember bisa lebih baik lagi,” pungkasnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *