Hendy Siswanto: Santri Harus Dibekali dengan Keterampilan Agar Siap Kerja

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Jember – Bakal calon bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan bahwa santri harus dibekali dengan keterampilan. Itu sangat diperlukan agar mereka siap kerja setelah menyelesaikan pendidikan di pesantren.

Hal itu ia utarakan saat berkunjung ke Ma’had Tahfidz Al-Qur’an Darul Hijrah Rambipuji, Sabtu (27/6).

Menurut Hendy Siswanto pesantren bisa mengikuti perkembangan jaman tanpa harus meninggalkan tradisi. Dengan mengikuti perkembangan, pesantren justru mendapatkan nilai tambah dalam segi keilmuan dan juga kemanfaatan.

“Pesantren ke depan minimal harus memiliki Balai Latihan Kerja (BLK). Jadi, santri mendapatkan ilmu agama sekaligus pengetahuan umum, juga dengan tambahan keterampilan di bidang tertentu. Seperti elektronik, komputer, dan lainnya,” ujarnya.

Hendy Siswanto juga mengajak kepada seluruh lembaga pendidikan seperti pesantren untuk terlibat aktif dalam membenahi Jember. Ia menilai keberadaan pesantren di Jember memiliki potensi dan peran yang sangat besar.

“Untuk membenahi Jember itu dibutuhkan kerja sama dari semua elemen yang ada. Kita butuh sebuah koalisi besar untuk menyelesaikan semua masalah di Jember yang sudah menumpuk. Kita harus saling bersinergi dan berkolaborasi demi Jember yang lebih baik,” jelasnya.

Kedatangan Hendy Siswanto disambut baik oleh Pengasuh Ma’had Tahfidz Al-Qur’an Darul Hijrah Rambipuji, Buya Nugroho Abdul Hadi. Ia mengungkapkan bahwa salah satu yang menjadi pokok untuk membenahi Jember adalah dengan semangat kebersamaan dan gotong royong.

“Untuk membenahi Jember itu harus dilakukan dengan berjamaah. Maksudnya bersama-sama, gotong royong, seperti yang disebutkan Haji Hendy, yaitu sinergi dan kolaborasi,” tuturnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *