Curhat Masyarakat Mayang ke Hendy Siswanto: Dari Lapangan Kerja Sampai Pupuk untuk Petani

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Jember – Bakal calon bupati Jember Hendy Siswanto melakukan lawatan ke tiga desa di Kecamatan Mayang pada Senin (22/6). Selama kunjungan itu masyarakat mencurahkan isi hatinya dari mulai lapangan kerja, bantuan yang tak tepat sasaran, sampai ketersediaan pupuk untuk para petani.

Desa Mrawan menjadi desa pertama yang disambangi oleh Hendy Siswanto. Di sana masyarakat mengeluhkan minimnya lapangan kerja, khususnya untuk para pemuda.

“Jumlah penduduk usia produktif di Jember itu cukup tinggi. Di mana banyak pemuda di dalamnya. Maka sudah menjadi tugas pemerintah daerah untuk menyediakan lapangan pekerjaan. Ke depan pemuda harus dibekali dengan kemampuan dan keterampilan, sehingga siap untuk bekerja. Jangan lupa, pemerintah juga harua menyediakan lapangan kerja untuk mereka,” ujar Hendy Siswanto.

Adapun mengenai dana bantuan yang sering salah sasaran, ia menilai ke depan harus ada pembaharuan data penerima bantuan. Hal itu dibutuhkan kerja sama dan komunikasi yang baik hingga ke level bawah, yakni RT/RW.

“Persoalan data yang tidak update membuat dana bantuan selama ini tidak tepat sasaran. Seharusnya pemerintah jemput bola untuk memperbaharui data penerima bantuan. Jangan hanya menyalurkan bantuan yang datang dari pusat tanpa dicek dulu penerima yang berhak yang mana,” jelasnya.

“Begitu juga dalam hal penyediaan pupuk dengan harga terjangkau. Pemerintah daerah harus mengambil terobosan untuk hal ini, mengingat mayoritas masyarakat menggantungkan hidup di sektor pertanian. Kan sangat aneh jika daerah pertanian tapi masyarakat kesulitan mendapat pupuk dengan harga terjangkau,” tambahnya.

Hendy Siswanto mengungkapkan bahwa penyebab banyaknya masalah di Jember salah satunya adalah komunikasi yang buruk dari pemerintah daerah. Hal itu bisa dilihat dari hubungan yang kurang harmonis antara eksekutif dan legislatif.

“Komunikasi yang baik itu salah satu kunci utama untuk mengelola suatu daerah. Selama ini masyarakat yang selalu dirugikan akibat tata kelola pemerintahan yang buruk. Ke depan hal semacam ini tidak boleh lagi terjadi. Wayahe mbenahi Jember agar masyarakat sejahtera,” pungkasnya.

Setelah berkunjung ke Desa Mrawan, Hendy Siswanto melanjutkan perjalanannya ke Desa Tegalwaru dan Desa Mayang. Sebelum pulang ke kediaman, ia menyempatkan diri bersilaturahim ke KH. Muh Syamsul Arifin pengasuh Pondok Pesantren Al Qohiriyah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *