Hendy Siswanto: Pesantren Miliki Peran Sangat Penting Bagi Jember

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Jember – Keberadaan pesantren di Jember memiliki peran yang sangat penting. Tidak hanya sebagai tempat menimba ilmu agama, juga menjadi motor penggerak perekonomian masyarakat.

Hal itu ia sampaikan saat bertemu dengan Forum Silaturahim Gus dan Lora Kab. Jember di rumah pemenangan, Sabtu (23/11). Hendy Siswanto menilai bahwa selama ini pesantren tidak diperhatikan oleh pemerintah daerah.

“Pesantren merupakan elemen penting bagi Jember. Bahkan bisa menjadi motor perekonomian di Jember. Sehingga memberikan dampak lebih besar lagi untuk Jember lebih baik dan maju,” ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa pesantren butuh dukungan dari pemerintah. Salah satunya dengan membentuk koperasi pesantren.

“Pesantren merupakan ujung tombak bagi Jember. Pesantren harus memiliki koperasi. Kalau tidak ada modal, pemerintah harus turun tangan dan membantu,” jelasnya.

Yang tak kalah penting adalah pesantren mencetak sumber daya manusia yang unggul. Tidak hanya menguasai ilmu agama, lulusan pesantren juga dibekali dengan ilmu pengetahuan umum serta skill tertentu.

“Lulusan pesantren memiliki keunggulan daripada lulusan pendidikan umum. Nilai lebihnya adalah menguasai ilmu agama dengan baik. Hal itu akan semakin bagus jika ditunjang dengan kemampuan atau skill untuk bersaing di dunia kerja,” pungkasnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *