Tak Dapat Kuota CPNS 2019, Hak Rakyat Jember Dikebiri

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Jember – Kabar duka bagi warga Kabupaten Jember menyusul luputnya jatah kuota CPNS 2019. Hal itu merupakan suatu kerugian besar, mengingat ada hak warga Jember yang dikebiri.

Kabupaten Jember menjadi satu-satunya daerah di Jawa Timur yang tidak mendapat jatah kuota CPNS 2019. Bakal Calon Bupati Jember, Hendy Siswanto, menyayangkan dan turut prihatin usai mendengar kabar tersebut.

Menurutnya pihak yang paling dirugikan terkait hal itu adalah warga Jember. Selain memupus harapan mereka yang ingin mendaftar CPNS 2019, juga akan mengganggu jalannya roda pemerintahan daerah.

Hal itu juga berpengaruh pada jumlah PNS di Kab. Jember yang akan mengalami kekurangan. Pada gilirannya, pelayanan publik tidak optimal dan terganggu.

“Ujung-ujungnya masyarakat yang dirugikan. Hak mereka dikebiri. Bagaimana nasib guru honorer dan pegawai lainnya yang sudah menunggu selama bertahun-tahun untuk menjadi PNS,” ujar Hendy Siswanto.

Ia juga menyoroti kinerja pemerintah daerah yang dinilai abai dan lalai terhadap hal tersebut. Hendy Siswanto mendesak pemda agar tidak tinggal diam dan mempertanggungjawabkan luputnya kuota CPNS 2019.

“Pemda harus menjelaskan secara detail kepada masyarakat, kenapa Jember tak mendapat kuota CPNS. Jangan bertele-tele dan saling lempar. Hal ini tak akan terjadi jika pemimpinnya tahu dan memahami apa yang harus dikerjakan,” tegasnya.

Tak lupa ia mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk turut serta dalam mengawasi pemerintah daerah. Dalam hal ini, pengawasan juga harus dilakukan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jember sebagai penyambung lidah rakyat.

“Kita semua harus bersinergi dan berkolaborasi dalam membangun Jember agar lebih baik dan maju. Jangan sampai anak cucu kita yang menanggung akibatnya di masa depan. Untuk itu, wis wayahe mbenahi Jember,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pada 2018 Kab. Jember mendapat kuota CPNS sebanyak 795 formasi. Namun, hanya terisi sebanyak 719 formasi. Tercatat jumlah pelamar CPNS 2018 lebih dari 10 ribu orang.

Media lokal Jember melaporkan bahwa penyebab luputnya jatah kuota CPNS 2019 karena tidak lengkapnya usulan dari pemda. Faktor lainnya adalah struktur organisasi yang belum selesai.

“Jember itu belum selesai di struktur organisasinya. Ada perubahan kelembagaan di beberapa lembaga, sehingga mungkin belum tuntas untuk menghitung kebutuhannya. Salah satu yang menjadi persyaratan kan struktur organisasi. Selama ini saya nilai terkendala di organisasi,” ujar Kepala Kantor Regional II Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Jawa Timur Tauchid Djatmiko seperti dilansir Radar Jember.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *