Petani Tembakau Jember Ingin Bupati Baru yang Lebih Baik

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Jember – Kehidupan petani di Kabupaten Jember dewasa ini sangat memprihatinkan. Padahal para petani merupakan tulang punggung perekonomian bagi Jember, khususnya petani tembakau.

Tembakau merupakan salah satu hasil pertanian unggulan Kab. Jember. Sayangnya, nasib para petani Tembakau dan buruh masih jauh dari sejahtera. Ada beberapa persoalan yang dihadapi para petani.

Di antaranya seperti infrastruktur jalan di desa yang tidak layak. Serta kinerja pemerintah kabupaten yang tidak serius dalam melayani masyarakat.

“Masalah petani tembakau di Jember itu banyak. Tapi, yang paling terasa itu jalan yang rusak. Bahkan sudah bertahun-tahun tak diperbaiki,” ujar Setiawan, petani tembakau di daerah Sukosari, Jember.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Hasyim, yang berprofesi sebagai petani tembakau. Ia dan rekan-rekannya ingin adanya perbaikan di Jember dan bupati yang baru membawa perubahan lebih baik.

Melihat banyaknya persoalan yang dihadapi oleh para petani, Bakal Calon Bupati Jember, Hendy Siswanto, mengaku turut prihatin. Ia menyebut bahwa segala persoalan bisa diatasi dengan baik asal ada itikad baik dari pemerintah daerah.

“Kenapa hal itu bisa terjadi? Karena kurangnya perhatian dari pemerintah kabupaten. Pemerintah tidak melayani masyarakat, khususnya para petani. Pemerintah tidak aktif memberikan pendampingan dan pembinaan kepada para petani,” tuturnya saat berkunjung ke kelompok petani tembakau di Sukosari, Sabtu (19/10).

Pada kunjungan kali ini ia sekaligus menyerap aspirasi dari para petani tembakau dan melihat langsung kondisi di lapangan. Dengan terjun ke masyarakat, maka akan didapat jalan keluar yang tepat dan bermanfaat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *