Hendy Siswanto Perkenalkan Konsep PLAY Saat Isi Kuliah Umum di STIE Mandala

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Jember – Bakal Calon Bupati Jember, Hendy Siswanto diundang untuk mengisi kuliah umum di acara wisuda Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mandala Jember, Sabtu (26/10). Pada kesempatan itu, ia memperkenalkan konsep PLAY bagi mereka yang ingin berwirausaha.

Sebagai orang yang telah berkecimpung dalam dunia usaha selama 35 tahun, Hendy Siswanto memiliki segudang pengetahuan dan pengalaman yang bisa dibagi kepada sivitas akademi STIE Mandala.

“Pada kesempatan ini saya mencoba menyampaikan sebuah rumusan literasi yang berasal dari pengalaman saya selama 35 tahun. Membangun kekuatan ekonomi mandiri melalui jalan bisnis dan wirausaha. Erat kaitannya dengan judul yang saya sampaikan, Prinsip Sinergitas dalam Bisnis yang Humanis,” ujarnya.

Menurutnya ada empat hal yang sangat penting dimiliki oleh seseorang dalam melakukan pekerjaan atau berbisnis. Keempatnya ia tuangkan ke dalam formulasi yang disebut PLAY (Passion, Love, Ambition, dan Loyalty).

Passion atau minat menurutnya merupakan entitas paling penting dan memiliki peran besar dalam kelangsungan dan keberhasilan pekerjaan atau bisnis. Kedua, butuh rasa cinta dalam bekerja.

“Kalau kata Sudjiwo Tejo, ketika mencintai tapi merasa berkorban, itu bukan cinta namanya. Jadi, secara tegas diksi tentang cinta itu juga harus tumbuh dalam bisnis,” tambahnya.

Berikutnya adalah Ambition. Menurut Hendy Siswanto, ambisi diperlukan sebagai pemicu dan pengingat dalam mengejar target. Hubungannya dengan percepatan tujuan dan target yang dicapai. “Tanpa adanya ambisi, seseorang tidak akan kemana-mana. Ambisi bukan kata negatif, karena lebih kepada diksi keuletan seseorang,” jelasnya.

Terakhir Loyalty atau kesetiaan. Hal ini menjadi penentu maju tidaknya usaha yang dilakukan. Seseorang harus menumbuhkan loyalitas atau kesetiaan terhadap karya yang dikerjakan dengan sepenuh hati.

“Ikatan antara Passion, Love, Ambition, dan Loyalty itu sangat erat hubungannya. Ini menjadi pemicu untuk meraih sukses. Apapun pekerjaannya, tidak menutup kemungkinan kemudahan akan diraih dan target akan mudah dicapai. Sinergi, kolaborasi, dan akselerasi, lakukan sekarang dan tak perlu menunggu waktu. Jember wes wayahe. Marilah kita menyelesaikan tugas-tugas kita dengan baik,” tutur Hendy Siswanto.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *