Hendy Siswanto Ajak Mahasiswa UIJ Berwirausaha

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Jember – Bakal Calon Bupati Jember, Hendy Siswanto, mengajak mahasiswa Universitas Islam Jember (UIJ) berwirausaha. Hal itu ia sampaikan saat menjadi pembicara dalam Seminar Kewirausahaan dengan tema Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Mahasiswa Menjadi Kreatif, Inovatif, dan Mandiri, di Kampus UIJ, Senin (21/10).

Turut hadir rektor UIJ Abdul Hadi, beserta jajaran pimpinan lembaga dan dekanat UIJ. Acara tersebut dibuka dengan lantunan ayat suci al-Quran. Kemudian dilanjutkan dengan pertunjukan seni tari dari mahasiswa UIJ.

Dalam sambutannya, rektor UIJ mengapresiasi acara seminar kewirausahaan yang dihadiri Hendy Siswanto. Melalui seminar itu, ia berharap dapat memicu para mahasiswa, sekaligus menjadi stimulus untuk menumbuhkan ide kreatif dan inovatif bagi yang ingin memulai usaha.

“Pak Hendy ini merupakan salah satu orang yang sukses dalam membangun usaha. Tidak hanya itu, ia juga memiliki keahlian dalam birokrasi. Karena beliau lama di Dirjen Perkeretaapian,” ujar Abdul Hadi.

Ia mengimbau agar para mahasiswa mendengarkan dan mengingat apa yang disampaikan oleh Hendy Siswanto. Harapannya, para mahasiswa bisa memperoleh ilmu wirausaha dan mengaplikasikannya pada waktu yang akan datang.

Menyongsong Era Industri 4.0

Hendy Siswanto mengungkapkan bahwa setiap orang memiliki kesempatan yang sama di era Industri 4.0. Pada saat yang sama, terdapat tantangan yang harus dilalui oleh mereka yang ingin berwirausaha.

“Tidak hanya kreatif, inovatif, dan mandiri, keahlian dalam berkomunikasi juga sangat dibutuhkan dalam berwirausaha. Networking yang luas juga tak kalah penting, guna memasarkan produk dan jasa yang ditawarkan,” tuturnya.

Lalu, apa saja syarat bagi yang ingin berwirausaha? Hendy Siswanto membagi resepnya kepada para mahasiswa yang ingin memulai bisnis.

“Pertama, kita punya passion apa? Tentukan dulu, usaha apa yang sesuai dengan passion. Kemudian cari modal untuk menjalankan usaha. Bagaimana mendapatkan modal? Sekarang mudah di mana teknologi sudah mendukung. Terakhir, strategi marketing atau memasarkan produk kita. Melalui gadget kita masing-masing sudah bisa memasarkan produk secara online. Oleh karena itu, teman-teman mahasiswa harus menguasai IT,” jelasnya.

Hendy Siswanto meyakinkan para mahasiswa untuk berani membuat keputusan untuk berwirausaha. Baginya, semua orang memiliki potensi yang sama tanpa memandang latar belakang pendidikannya.

“Teman-teman jangan minder, karena semuanya tidak dilihat kampusnya. Mahasiswa Jember harus memiliki kemampuan dan kualitas yang bagus. Tidak kalah dengan kampus lainnya. Semuanya memiliki kesempatan yang sama. Jangan berkecil hati. Karena ilmunya itu sama. Jadi, harus berani untuk memulai usaha dan harus yakin bahwa kuliah di UIJ sudah tepat,” ujarnya.

Antusiasme para mahasiswa sangat tinggi dan banyak yang mengajukan pertanyaan kepada Hendy Siswanto. Di antaranya terkait kisi-kisi agar menjadi wirausaha yang sukses. Dua mahasiswa dengan pertanyaan terbaik mendapatkan hadiah buku dari Hendy Siswanto.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *