Pengamat Ekonomi: UKM Jember Kurang Diperhatikan Pemkab

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Rendra Wirawan saat menjadi narasumber pada Dialog Mutiara bersama H. Hendy Siswanto, Bakal Calon Bupati Jember 2020.

Jember – Pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Jember saat ini tidak signifikan dan cenderung terjadi penurunan. Hal ini terjadi karena kurangnya peran dari pemerintah kabupaten selama lima tahun ini.

Pengamat ekonomi Rendra Wirawan mengungkapkan bahwa saat ini para pelaku usaha, khususnya Usaha Mikro Kecil Menengah dan Usaha Kecil Menengah (UMKM/UKM) dibiarkan berjalan sendiri. Padahal, pemerintah memiliki kewajiban untuk hadir dalam membangun perekonomian.

“Catatan dari saya, selama ini pemerintah tidak aktif bersinergi dengan pelaku usaha. Justru, kami sering berkolaborasi dengan para akademisi dan sesama pelaku usaha,” ujar Rendra saat berbicara di acara Dialog Mutiara Radio Mutiara FM Jember, Sabtu (12/10).

Rendra menegaskan bahwa pertumbuhan ekonomi tidak akan tercapai jika pemerintah tidak memberikan perhatian yang besar kepada para pelaku usaha. Salah satu kuncinya adalah melalui sinergi antara pemerintah dan pelaku usaha.

“Tidak mungkin kita bisa bersinergi kalau hanya jalan sendiri-sendiri. Harapan kita UKM kecil bisa mengembangkan produk dan memasarkannya lebih baik lagi, apalagi di era digital seperti ini,” tutur wakil ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia tersebut.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *