Ekonomi Jember Akan Maju Jika Pemkab Beri Perhatian Lebih

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
“Perekonomian di Jember yang menurun bisa ditingkatkan melalui kebijakan dan pendampingan, seperti anjuran agar menggunakan produk lokal.” Hendy Siswanto

Jember – Kabupaten Jember memiliki potensi yang sangat besar dan memiliki sumber daya alam yang sangat luas. Sayangnya, selama ini, potensi tersebut kurang diperhatikan oleh pemerintah kabupaten.

Pengusaha asal Jember, Hendy Siswanto, menilai bahwa perekonomian di Kabupaten Jember sedang mengalami penurunan. Sebagai pelaku usaha yang sudah malang melintang selama 28 tahun, ia merasakan betul bagaimana kondisi di lapangan.

“Saya merasakan bahwa perekonomian di Jember sedang menurun. Kami telah menjalani usaha selama 28 tahun dan merasakan dampaknya secara nyata,” ujar Hendy Siswanto saat menjadi pembicara di Radio Mutiara FM Jember, Sabtu (12/10).

Menurut Hendy, lesunya perekonomian di Jember terjadi lantaran pemerintah daerah (Pemda) yang tidak serius dalam menangani persoalan tersebut. Seharusnya, Pemda hadir dan secara aktif membangun perekonomian.

“Pemda menyikapi hal ini yakni harus hadir. Artinya turut serta secara aktif dalam mengawal jalannya perekonomian di daerah. Bukannya dibiarkan begitu saja,” tuturnya.

Hal senada disampaikan oleh Pengamat Ekonomi Jember, Rendra Wirawan. Menurutnya, saat ini pelaku usaha kecil mengalami penurunan. Butuh langkah tepat agar perekonomian Jember menjadi lebih baik.

“Benar apa yang disampaikan oleh Pak Hendy. Saat ini tengah terjadi penurunan. Itu juga terjadi pada UKM-UKM di daerah saya. Untuk mengatasi hal ini, harus ada kerjasama antar pihak yang terkait. Pihak-pihak tersebut yakni pemerintah, akademisi, dan sinergi pemerintah dengan asosiasi. Kalau itu semua berjalan dengan baik, maka perekonomian di Jember pun akan mengalami pertumbuhan yang lebih baik,” kata Rendra.

Hendy juga menuturkan bahwa era Industri 4.0 saat ini memberikan kemudahan di sektor ekonomi, khususnya bagi para pelaku usaha.

“Saat ini, mudah memasarkan produk dan memonitor jalannya usaha. Maka, yang diperlukan adalah peran pemerintah untuk turut serta dalam membangun perekonomian. Melalui kebijakan dan pendampingan. Seperti anjuran agar menggunakan produk lokal,” ujarnya.

Tak lupa, Hendy juga mengajak semua lapisan masyarakat untuk optimis dalam menyongsong masa depan. “Kita harus optimis karena Jember memiliki SDA yang melimpah dan SDM yang tak kalah dari daerah lain,” tambahnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *